Organ Penting Manusia


JANTUNG (Heart)
Letak dan posisi jantung dalam tubuh kita berada agak di sebelah kiri dada, tapi ada beberapa orang berada disebelah kanan tapi jarang sekali. Ukurannya sama dengan genggaman tangan kiri setiap orang. Fungsinya antara lain bertanggung jawab untuk memompa darah dalam tubuh dan untuk memberikan darah beroksigen ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah.


HATI (Liver)
Hati terletak di sisi kanan rongga perut; Fungsinya adalah sebagai kelenjar pencernaan mengeluarkan getah empedu yang mengandung garam-garam empedu ke dalam usus dua belas jari (duodenum) untuk mencerna lemak.


LIMPA (Spleen)
Limpa adalah salah satu organ tubuh yang terletak dirongga perut sebelah kiri atas dan berwarna merah kecoklatan. Fungsinya menghacurkan sel darah merah yang sudah tua dan rusak. Sebagai tempat cadangan darah yang mampu membendung darah sehingga saat tubuh mengalami perdarahan berat, limpa akan menyuplai darah. Menjalankan fungsi peredaran darah dan sistem pertahanan tubuh. Mengatur siklus zat besi yang merupakan komponen sel darah merah. Tempat penyimapanan sel monosit yakni komponen sel darah putih yang fungsinya melawan kuman, bakteri dan zat asing yang masuk kedalam tubuh.


EMPEDU (Gallbladder)
Empedu berada di bawah hati yang berfungsi untuk menyimpan empedu, yang disekresikan oleh hati sampai dibutuhkan untuk pencernaan. Kandung empedu ini juga membantu dalam pencernaan lemak.


PARU-PARU (Lungs)
Paru-paru berfungsi membantu dalam pernapasan dan merupakan organ yang paling penting dari sistem pernapasan, bekerjasama dengan jantung. Dari vena darah, paru-paru membuang gas karbon dioksida dan kotoran lainnya.


PANKREAS
Letaknya dibelakang lambung disisi sebelah kanan perut
Merupakan bagian integral dari sistem pencernaan dan fungsi kepala pankreas adalah untuk mengeluarkan cairan pankreas dan insulin, memecah makanan agar bisa dicerna dan diserap oleh tubuh


LAMBUNG (Stomach)
Lambung berfungsi untuk mengeluarkan asam lambung, asam klorida serta menjaga tingkat PH yang berpengaruh terhadap kelancaran pencernaan.


GINJAL (Kidney)
Ginjal manusia ada dua buah posisinya berada di sebelah kanan dan kiri diatas pinggang, biasanya ginjal sebelah kanan lebih besar, letaknya lebih tinggi dan fungsinya lebih besar dari ginjal kiri
Ginjal bertanggung jawab untuk mengeluarkan limbah dan mengatur keseimbangan elektrolit. Ginjal mengekskresikan urin ke ureter yang kemudian diteruskan keluar dari tubuh.


USUS (Intestines)
Usus halus, Bagian dari saluran pencernaan yang terletak antara lambung dan usus besar (pencernaan utama), fungsinya sebagai proses pencernaan dan penyerapan makanan.
Usus besar, Merupakan kelanjutan dari usus halus dalam sistem pencernaan manusia fungsinya menyimpan dan eliminasi sisa makanan, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dengan cara menyerap air, mendegradasi bakteri.
Usus 12 jari, Bagian dari usus halus yang terletak setelah lambung dan menghubungkannya ke usus kosong yang berfungsi untuk menyaring sisa makanan didalam tubuh manusia.
Usus Buntu, Letaknya disisi kanan bawah perut, fungsinya melindungi organ dalam dari infeksi, berperan dalam sistem kekebalan tubuh, berperan dalam sistem pencernaan terutama untuk memproduksi dan menyimpan mikroba yang baik bagi usus manusia.